-->
judul gambar judul gambar
Pasang iklan
300x250
Disini hanya 200Rb perbulan

Ads by Afdal Blog
Home » » Fungsi Router dan Jenis-jenis Router

Fungsi Router dan Jenis-jenis Router

Posted by Afdal Tech
Afdal Blog, Updated at: 04:34

Posted by Afdal Tech on Wednesday 19 February 2014



Router adalah perangkat keras dalam jaringan komputer yang berfungsi untuk menghubungkan dua atau lebih jaringan yang mempunyai protocol yang sama, sehingga dengan menggunakan router kita bisa menghubungkan 2 IP Address yang memiliki host berbeda. Contohnya kita bisa menghubungkan IP Address 192.168.0.1/24 dengan IP Address 192.168.1.1/25.Router sangat berperan untuk jaringan berskala menengah ke atas karena digunakan untuk membagi jaringan. Router memiliki beberapa jenis, diantaranya :
  • Router Aplikasi
  • Router Hardware, dan
  • Router PC
                            
Keterangan:

  • Router Aplikasi merupakan perangkat lunak atau program aplikasi yang dapat kita install pada komputer sehingga sistem operasi tersebut bisa berfungsi sebagai router, beberapa contoh router aplikasi diantaranya: winroute, wingate, mikrotik dan lain-lain.
  • Router Hardware merupakan perangkat keras pada jaringan komputer yang mempunyai fungsi sebagai router sehingga perangkat keras tersebut dapat membagi IP Address.
  • Router PC merupakan sistem operasi yang diinstal pada komputer sehingga komputer tersebut mempunyai kemampuan untuk membagi jaringan. Minimal Router PC/PC Router harus memiliki 2 Ethernet (LAN Card).
Jika ditinjau secara umum jenis router ada 2 macam diantaranya:

  • Router Static merupakan router yang mempunyai tabel routing static sehingga harus disetting secara manual oleh adminisrator.
  • Router Dinamic merupakan router yang mimiliki tabel routing dinamic yang memiliki kemampuan mendengarkan lalu lintas jaringan dan saling berhubungan dengan router yang lain
Semoga bermanfaat bagi pengetahuan anda.

Salam Techno

Share This Post :

0 comments:

Post a Comment

 
Copyright © 2012-2016 Afdal Blog. All Rights Reserved
Template Design by Afdal Blog by Creating Website and CB Design