-->
judul gambar judul gambar
Pasang iklan
300x250
Disini hanya 200Rb perbulan

Ads by Afdal Blog
Home » » Cara Berternak Burung Jalak Suren

Cara Berternak Burung Jalak Suren

Posted by Afdal Tech
Afdal Blog, Updated at: 19:02

Posted by Afdal Tech on Friday 11 July 2014

Saya disini akan memberi tahu pada anda semua tentang cara berternak burung jalak suren.Jalak Suren adalah salah satu jenis burung yang masih saudara dengan jalak bali dan jalak putih yang dilindungi pemerintah. Dengan bulu yang indah dan kicauan yang merdu membuat burung jalak banyak dicari orang untuk dipelihara. Seakan banyaknya permintaan pada jenis burung ini maka membuat jumlah populasi yang ada dihabitatnya menjadi sedikit karena banyaknya penangkapan dan perburuan yang dilakukan orang-orang yang ingin mencari untung.

                                Image result for gambar jalak suren




Namun ,kita itu tidak perlu memburu burung jalak untuk dipelihara maupun dijual. Kita itu sebenarnya bisa mendapat untung dari burung jalak tanpa harus menangkapnya dihabitat aslinya. Yaitu dengan cara menagkarkan burung jalak. Salah satunya ya burung jalak suren . Burung jalak suren sangat mudah diternakan dibanding dengan jalak putih dan jalak bali.
Saya bisa tahu mengenai jalak suren dari membaca buku2 dan juga bertanya pada orang yang sudah sukses berternak burung jalak. Dengan berternak kita bisa meningkatkan taraf hidup kita serta membuat populasi burung jalak tetap lestari dan terjaga dengan baik.

Berikut adalah cara dalam berternak burung jalak suren :

1. Kita bisa membeli indukan burung jalak suren siap kawin dahulu , 1 pasang juga tidak masalah untuk percobaan. seakan berjalannya waktu akan bertambah sendiri. namun perlu diketahui dalam menangkarkannya harus dengan hati-hati dan mencari tips supaya menguntungkan kita.

2. Anakan jalak suren jantan maupun betina bisa dicampur dalam satu kandang berukuran 1x1 meter terbuat dari kayu dan kawat strimin selama 2-3 bulan, maka dengan begitu mereka akan berjodoh dengan sendirinya tanpa kita harus menjodohkan dulu.

3,Anakan jalak suren jantan maupun betina dcampur dlam satu kandang selama 2-3 bulan.

Akan berjodoh secara sendirinya.
Bila jantan dan betina sama2 menempelkan paruh yang terbuka berarti siap kawin..lalu pindahkan ke kandang penangkaran..datangkarkan selam 5 bulan setelah itu betina akan membuat sarang dari cemara kering untuk siap bertelur.
Telur akan dieerami betina selama 15 hari sebelum akan menetas
Piyik jalak ditaruh pada inkubator selama 2 hari dsuhu 30derjat C
Piyik jalak sebelum diberi makan diberi tanda siulan setelah merespon ,diberi makanan kroto berukuran kecil dcampur konsentrat
Piyikan dari umur 0-30 hari memang perlu perawatan khusus karena masih rentan terhadap lingkungan.
Piyik harus diberi makan 3 jam sekali dr jam 6 pagi-10 mlam
Umur 2 bulan baru bisa mkan sendiri dengan diberi bubur konsentrat
Lalu umur 2 bulan lebih mulai bisa dikasih makan jangkrik.
Jalak baru mnetas 200rb
Jalak indukan siap kawin 2,5 jt perpasang
Jalak usia 1,5 bulan 750rb
Jalak usia 5 bulan 1,5 jt perpasang

Jalak putih dan jalak bali jika menetas harus didaftarkan ke BKSDA..Lalu akan dibuatkan sertifikat dan diberi ring sesuai sertifikat

Jalak putih dan jalak bali dari penangkar harus memberikan kepada pemerintah sebesar 10% dari telur yang menetas.

Sekian Tips dari saya semoga bermanfaat..

Salam Techno

Share This Post :

0 comments:

Post a Comment

 
Copyright © 2012-2016 Afdal Blog. All Rights Reserved
Template Design by Afdal Blog by Creating Website and CB Design