-->
judul gambar judul gambar
Pasang iklan
300x250
Disini hanya 200Rb perbulan

Ads by Afdal Blog
Home » » Tentang Kolom Beton

Tentang Kolom Beton

Posted by Afdal Tech
Afdal Blog, Updated at: 20:22

Posted by Afdal Tech on Tuesday 3 March 2015

Kolom adalah unsur vertikal struktur yang berfungsi sebagai pemikul gaya-gaya dari balok dan/atau struktur di atasnya, dan meneruskannya ke struktur atau elemen struktur di bawahnya. Sebagai elemen penopang struktur, kolom harus memiliki kekakuan dankekuatan yang cukup agar memenuhi syarat sebagai unsur vertikal struktur dengan fungsi tersebut di atas.
Untukmeningkatkan kemampuan bangunan terhadap gaya lateral akibat gempa, pada bangunan tinggi (high rise building) acapkali unsur vertikal struktur menggunakan gabungan antara kolom dengan dinding geser (shear wall)
Salah satu contoh penggunaan kolom sebagai bagian dari struktur bangunan adalah kolom penyangga tandon/reservoir air bersih seperti terlihat di dalam Gambar di bawah ini:



Meskipun nampaknya hanya memikul tandon air, kolom jenis ini lebih berat kerjanya karena selain tidak ada pengaku lainnya (selain hanya balok-balok ikat), massa atau beban terpusat di bagian paling atas. Jika ada gempa, kerja kolom ini akan sangat berat. Untuk itu perlu dirancang dengan sebaik-baiknya.

Kolom merupakan elemen struktur yang paling menentukan kekokohan bangunan. Pada daerah dengan kegempaan tinggi, peranan kolom sangat menentukan. Untuk itu diperlukan rancangan kolom yang komprehensif dan menjamin kekokohan yang cukup untuk gaya gempa yang terjadi di daerah yang bersangkutan. Dikembangkannya konsep kolom kuat balok lemah (strong column weak beam) sebagai jawaban atas ketahanan struktur terhadap gaya gempa merupakan hal yang perlu disambut dengan baik. Namun demikian, konsekuensinya adalah tuntutan pengetahuan yang semakin kompleks bagi engineer untuk mendalami betul konsep SRPMK (Struktur Rangka Pemikul Momen Khusus).

Share This Post :

0 comments:

Post a Comment

 
Copyright © 2012-2016 Afdal Blog. All Rights Reserved
Template Design by Afdal Blog by Creating Website and CB Design